Saturday, March 19, 2011

Profesi QWP


Pendahuluan
IAFP Global menyelenggarakan Program Eksekutif QWP bagi praktisi jasa keuangan dari industri perbankan, asuransi, investasi, pajak, dan perencana keuangan di kota kota berikut: Jakarta, Medan, Jakarta, Yogjakarta, Batam, Bandung, Surabaya dan Denpasar sesuai JADWAL QWP™.

Program Eksekutif QWP
Adalah kelas tatap muka dengan kombinasi antara pembahasan Teori Praktis dan Workshop menggunakan studi kasus dengan bobot 40 % Teori Praktis dan 60% Workshop. Program Eksekutif diselenggarakan selama 18 jam yang terbagi dalam 2 hari. Jumlah peserta dibatasi untuk 50 peserta setiap kelas sehingga dapat dibangun interaksi yang lebih baik antara fasilitator dan antar peserta sehingga memungkinkan penyerapan yang lebih cepat dan tepat.

Kriteria Kelulusan
Peserta harus praktisi yang mempunyai pengalaman minimum 1 tahun. Kelulusan peserta dalam program ini tidak diukur melalui ujian namun melalui penyampaian solusi studi kasus yang diselesaikan per grup. Peserta akan dibagi dalam grup kerja dan setiap grup kerja wajib menyampaikan rekomendasi perencanaan keuangan dari setiap studi kasus. Atas dasar ini maka peserta dinyatakan telah lulus dan dapat menyandang gelar profesi QWP™, Qualified Wealth Planner™ dari IAFP Global.

Biaya Kelas Eksekutif QWP
Biaya program adalah Rp. 3 Juta/orang. Biaya sudah termasuk kelas dan workshop, 3 in one package (mencakup materi program, software financial planning QWP, biaya gelar profesi QWP), Harap dicatat bahwa program ini tidak menyediakan makan siang selain coffee break . Kelas akan diselenggarakan di lokasi yang dekat dengan lokasi dimana peserta dapat memilih makanannya sesuai selera dan budget masing-masing.
Diskon Early bird adalah 10 % dari Rp. 3 juta apabila pendaftaran dan pembayaran paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan kelas.
Biaya bagi peserta dengan kualifikasi Registered Financial Planner™, CFP® dan AEPP™ adalah Rp. 2.750.000/orang. Peserta RFP™, CFP® dan AEPP™ juga berhak atas fasilitas early bird.

Fasilitator dan Mentor
Adalah praktisi dan akademinisi yang mempunyai pengetahuan mendalam dan berpengalaman.

Upgrade Gelar Profesi
Para profesional QWP™ dapat melanjutkan ke program RFP™ dan CFP® dari FPSB Indonesia.

Wealth Planning Courseware
Courseware merupakan program pendidikan wealth planning dan financial planning dengan fokus didalam Perencanaan Transfer Kekayaan (Estate Planning) menggunakan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. QWP™ Courseware dikemas dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti dengan mengutamakan pendekatan studi kasus perencanaan keuangan yang komprehensif di Indonesia.
QWP™ Courseware akan mendiskusikan beberapa pilihan solusi bagi perencanaan transfer kekayaan nasabah seperti misalny: surat waris, produk asuransi jiwa, yayasan dan lain−lainnya serta kapan proses tersebut dilakukan apakah dalam bentuk hibah, waris atau bentuk lainnya.
Silabus QWP™ Courseware lebih mengedepankan studi kasus, walaupun teori mengambil porsi cukup dalam.

Wealth Planning Software
Merupakan suatu kesatuan yang selaras dengan silabus QWP™ Courseware. QWP™ Software mudah digunakan (user friendly), praktis dan otomatis sehingga Anda sehingga tidak perlu lagi menggunakan financial calculator dalam menghitung kebutuhan keuangan klien. QWP™ Software membantu Anda untuk melakukan administrasi finansial nasabah secara terstruktur, rapih dan rahasia. QWP™ Software atraktif dan canggih mampu menarik perhatian nasabah saat Anda melakukan facts finding dan saat penyajian advis yang dapat menunjukan kepada klien dia berhadapan dengan seorang yang mampu dan professional.

Wealth Planning Designation
Dipersembahkan oleh IAFP Indonesia. Gelar profesi QWP™ harus diperbaharui setiap dua tahun dengan memenuhi persyaratan 10 CPD setiap tahunnya. Biaya administrasi sertifikasi hanya dibebankan satu kali saja diawal dan tidak ada biaya perpanjangan setiap dua tahun.

Pengakuan Lembaga Sertifikasi Internasional dibidang Estate Planning
Program QWP diakui oleh asosiasi internasional terkemuka di bidang estate planning. Lulusan program QWP dari IAFP Global dapat melanjutkan ke program pendidikan dan sertifikasi internasional AEPP (Associate Estate Planning Practitioners) yang diselenggarakan bersama oleh :
• Society of Will Writers and Estate Planning Practitioners (SWWEPP) yang saat ini merupakan salah satu Asosiasi Estate Planning terbesar di Inggris. Mengenai SWWEP dapat di lihat di www.swwepp.org.
• Estate Planning Practitioners Ltd Asia, yang dapat dilihat di www.epplasia.com
Dengan pengakuan silabus maka professional QWP bisa melanjukan ke program AEPP dengan biaya lebih murah dan waktu lebih cepat. Detail program AEPP di Indonesia dapat dilihat di program pendidikan dan sertifikasi internasional AEPP (Associate Estate Planning Practitioner).

Agenda Program

DAY 1
  • Registration
  • Opening: The global standards Practice - updates the FPSB models
  • Review: Financial Planning and Wealth Planning Comprehensive Concept
    o Konsep Komprehensif Financial planning and wealth planning (FPSB Indonesia)
    o Laporan Keuangan Pribadi dan Key Financial Ratio
    o Nilai waktu dari uang
    o Life Insurance, Education Planning, Retirement Planning (FPSB Indonesia)
  • Lunch Break
  • Review: Practice and Legal Concept related to Wealth Planning in Indonesia
    o Hukum Perkawinan di Indonesia
    o Konsep Harta Dalam Perkawinan di Indonesia
    o Ketentuan Hukum Positif Tentang Harta Gono-gini / Bersama
    o Harta Gono-gini / Bersama Dalam perspektif Hukum Islam
    o Perjanjian Perkawinan (Perjanjian Pisah Harta)
    o Studi kasus terkait distribusi kekayaan (rumah, harta tunai, perusahaan)
    o Contoh surat wasiat, buy sales agreement, perjanjian perkawinan-pisah harta
  • Cofee Break
  • QWP Software as key solution in Wealth Planning
    o Introduction
    o Case Study 1 (Single)
    o Case Study 2 (Family)

DAY 2

  • Group Workshop
    o Case 3 (Single)
    o Case 4 (Family)
  • Class Picture, Lunch, Administration
  • Group Workshop (Estate Planning)
    o Case 5 - Estate Planning

Jadwal Program

  • Jakarta, Tanggal 13-14 Januari 2011
  • Medan, Tanggal 03-04 Maret 2011
  • Jakarta, Tanggal 08-09 Maret 2011, Jakarta Design Centre
  • Yogyakarta, Tanggal 14-15 Maret 2011, Hotel Desa Puri
  • Bandung, Tanggal 22-23 Maret 2011
  • Surabaya, Tanggal 25-26 Maret 2011, Town Square Surabaya Hotel
  • Denpasar, Tanggal 15-16 April 2011

4 comments:

Anonymous said...

mohon infonya yang lebih lengkap tentang persyaratan mengikuti QWP.
Saya tidak pernah kuliah, SMA dari jurusan IPS dan langsung bekerja di perusahaan penerbangan kurang lebih 3 tahun sebagai staf Administrasi dan sekarang sudah resign dan berwirausaha.

Anonymous said...

mohon infonya yang lebih lengkap tentang persyaratan mengikuti QWP.
Saya tidak pernah kuliah, SMA dari jurusan IPS dan langsung bekerja di perusahaan penerbangan kurang lebih 3 tahun sebagai staf Administrasi dan sekarang sudah resign dan berwirausaha.

welin said...

Lulusan SMA juga bisa ikut program QWP. Untuk pendaftaran silakan mengklik link berikut ini:

http://www.iafpglobal.com/index.php?menu=scheduleqwp

Terima kasih.

Binsar Pakpahan said...

Kudos pak Welin! Ilmu pengetahuan tidak pernah habis dipelajari. Just read your profile somewhere, and checked your blog! Binsar