Friday, August 22, 2008

Profesi LIFA

Pendahuluan
Licensed International Financial Analyst (LIFA) adalah salah satu sertifikasi untuk profesional di bidang investasi. Gelar LIFA diberikan oleh The International Research Association (IRA) yang berkomitmen membantu Anda untuk mencapai level tertinggi dari profesionalisme dan standar etik dalam industri investasi global, dengan menguasai kurikulumnya yang menantang dalam tiga tahapan ujian.
Ujian LIFA dirancang untuk mengukur kemampuan profesional dengan kurikulum yang luas dalam subjek yang berkaitan dengan investasi. Mendapatkan gelar ini memerlukan pengetahuan yang dalam mengenai prinsip investasi dasar, pemahaman dari pasar modal saat ini yang berkembang pesat dalam pasar global.

The International Research Association (IRA)
The International Research Association dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan sertifikasi standar bagi profesional di bidang investasi di seluruh dunia dengan standar yang sama, menantang, dan secara tepat mencerminkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi ahli dalam industri ini.
Tujuan dari the International Research Assocation adalah untuk menfasilitasi evolusi Program LIFA untuk menciptakan sertifikasi utama untuk profesional di bidang investasi. Misi dari the International Research Assocation adalah untuk menyediakan suatu standar yang diakui bagi profesional investasi dan secara akurat mencerminkan pengetahuan yang kompleks yang diperlukan untuk melengkapi pasar global hari ini.

Website
http://www.the-ira.org/

Sejarah Program LIFA
Program LIFA telah dikembangkan sejak awal tahun 2001 dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan peningkatan pasar global dan keinginan dari banyak profesional di bidang investasi di seluruh dunia untuk diakui oleh standar etika dan profesional tertinggi.
Pada awal tahun dari Program LIFA, the International Research Association merancang tingkat kelulusan pada seluruh tiga tahapan menjadi lebih tinggi daripada norma sesungguhnya. Hal ini merupakan sifat dasar yang logis dari sertifikasi yang lebih tinggi, di mana validitas dari suatu sertifikasi didasarkan pada tingkat kelulusan dan kualitas dari penyandangnya. Tingkat kelulusan yang lebih rendah sama dengan suatu sertifikasi yang lebih berharga karena tingkat kesulitan level dari ujian.
Sebagaimana dengan perkembangan program LIFA, program itu akan terus-menerus untuk menekankan dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan peserta, dan akan melakukan definisi ulang standar di mana analis keuangan butuhkan pada level global.

Persyaratan Program LIFA
Sertifikasi The Licensed International Financial Analyst (LIFA) akan diberikan setelah memenuhi persyaratan ujian, dan akan meliputi beberapa keuntungan termasuk input signifikan ke dalam pengembangan Program LIFA.

Administrasi Ujian LIFA
Ujian LIFA tersedia bagi peserta yang ingin menempuh seluruh tahapan dari ujian LIFA> Setelah berhasil menyelesaikan ujian Level I, peserta dapat mendaftarkan diri untuk ujian Level II. The International Research Assocation mengharapkan sebagaian peserta menempuh Ujian Level I, dan seseorang yang memenuhi syarat untuk LIFA Waiver Program dapat menempuh ujian Level III. Peserta Level I yang gagal dapat menempuh Ujian Level I sekali lagi ketika mereka merasa mereka telah siap menempuh ujian tersebut, dan dapat menempuh ujian sebanyak mungkin yang diperlukan dalam periode registrasi delapan tahun. Calon Waiver yang gagal menempuh Ujian Level III dapat melakukan hal yang sama.
Peserta harus membayar biaya pendaftaran di mana biaya pendaftaran itu harus sudah diterima sebelum peserta menempuh ujian apapun, kecuali peserta yang telah menempuh ujian dan akan menempuh ujian ulang.
Biaya pendaftaran hanya dibayarkan sekali saja ketika peserta mulai menempuh Program LIFA dan berlaku selama delapan tahun. Jika peserta tidak berhasil menyelesaikan tiga tahpaan ujian dalam periode registrasi delapan tahun, mereka harus melakukan pendaftaran ulang dan membayar kembali biaya pendaftaran.
The International Research Associaton telah bekerja sama dengan Prometric, Inc. untuk memberikan banyak manfaat bagi peserta LIFA dengan pengambilan tes yang berbasiskan komputer.

Isi dan Struktur Kurikulum Program LIFA
Salah satu bagian integral dari mendapatkan sertifikasi LIFA adalah penguasaan kurikulumnya yang lengkap, yang diuraikan dalam Sepuluh Modul Pembelajaran.
Isi pengetahuan tersebut mencerminkan topi yang paling penting dan sandar dari profesional investasi dalam pasar global saat ini.
Ujian Level III mengevaluasi pengetahuan dasar peserta dalam bidang subjek yang tercakup dalam Program LIFA. Kurikulum ini berhubungan dengan bidang:
· Etika (Ethics)
· Ekonomi (Economics)
· Pasar Internasional (International Markets)
· Analisis Kuantitatif (Quantitative Analysis)
· Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis)
· Investasi Pendapatan Tetap (Fixed-Income Investment)
· Investasi Ekuitas (Equity Investments)
· Instrumen Derivatif (Derivative Instruments)
· Investasi Alternatif (Alternative Investments)
· Manajemen Portofolio (Portfolio Management)

Peserta Level III perlu untuk mendemostrasikan pemahaman yang lengkap dari istilah dan konsep yang berhubungan dengan subjek-subjek tersebut, dan memiliki pemahaman dasar bagaimana area fungsional berhubungan dengan profesional investasi global.
Peserta Level III diharapkan memiliki kemampuan untuk menggabungkan pengetahuan yang dikuasai pada Level I dan Level II.
Peserta Level II yang ideal sebaiknya memiliki latar belakang atau pendidikan yang memberikan pendidikan yang signifikan untuk subjek-subjek ini. Tingkat kesulitan untuk Ujian Level III akan konsisten dengan level kurikulum MBA. Sertifikasi LIFA seharusnya dipertimbangkan sebagai pelengkap dari suatu gelar pendidikan formal.
The International Reserach Assocation tidak menentukan satu kumpulan spesifik dari bacaan, persiapan atau dasar-dasar dalam persiapan untuk menempuh Ujian LIFA.
Peserta memiliki kesempatan untuk memilih dari berbagai sumber yang sesuai dengan kebutuhan khusus mereka dan seharusnya menggunakan “Sumber Pembelajaran yang Disarankan” sebagai petunjuk untuk persiapan Ujian LIFA.

Pembobotan Ujian LIFA
Ujian LIFA Level III dibobot berdasarkan bidang subjek sebagai berikut:
· 15% Etika (Ethics)
· 5% Ekonomi (Economics)
· 5% Pasar Internasional (International Markets)
· 7,5% Analisis Kuantitatif (Quantitative Analysis)
· 15% Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis)
· 7,5% Investasi Pendapatan Tetap (Fixed-Income Investment)
· 7,5% Investasi Ekuitas (Equity Investments)
· 7,5% Instrumen Derivatif (Derivative Instruments)
· 5% Investasi Alternatif (Alternative Investments)
· 25% Manajemen Portofolio (Portfolio Management)
Pembobotan subjek Ujian LIFA akan dievaluasi ulang oleh The International Research Association setiap tahun.

Bahan Pembelajaran untuk Ujian LIFA
The International Research Assocation mengakui bahwa ada banyak cara untuk melakukan persiapan dalam menghadapi Ujian LIFA sebagaimana terdapat level yang berbeda dari kapabilitas dan pengalaman di antara pesertanya. The International Research Association menyediakan untuk seluruh peserta ujian yang telah terjadwal suatu LIFA Curriculum yang berisi 1.100 lebih halam untuk tujuan persiapan ujian LIFA.
Setiap peserta akan memiliki pendidikan dan pengalaman profesional yang berbeda. Selain itu, peserta juga memiliki berbagai gaya pembelajaran yang berbeda, gaya hidup dan kemampuan keuangan yang dipertimbangkan ketika mempersiapkan Ujian LIFA dan hanya peserta itu sendiri yang dapat memilih cara yang tepat untuk kebutuhan khusus mereka.
Ketika memilih bagaimana cara mempersiapkan Ujian LIFA, sangat disarankan untuk para peserta untuk membobot pilihan ini berdasarkan kebutuhan waktu, latar belakang, dan kebutuhan pribadinya.
Penguasaan kurikulum ujian LIFA terdapat dalam Petunjuk Kurikulum yang dapat dicapai dalam berbagai cara:
· Kurikulum Ujian LIFA Level III yang resmi (dikeluarkan oleh The International Research Association tanpa biaya kepada peserta Ujian LIFA yang telah terjadwal).
· Buku teks yang ditulis untuk kuliah level Master dalam subjek inti
· Artikel jurnal dari publikasi profesional
· Instruksi melalui perguruan tinggi atau universitas khususnya pada level Master.
· Kelompok belajar yang diselenggarakan secara independen atau melalui suatu perusahaan atau organisasi.
· Internet yang memberikan informasi tidak terbatas berhubungan dengan seluruh subjek yang tercakup dalam kurikulum ujian LIFA.
· Pengalaman kerja.

9 comments:

CFA Indonesia said...

apa perbedaan antara LIFA dan CFA ? lebih bagus mana ?

welin said...

Kurikulumnya mirip, hanya beda asosiasi yang menyelenggarakannya.
CFA sudah ada sejak tahun 1963 sedangkan LIFA baru tahun 2001. Kurikulum LIFA meniru kurikulum CFA. Dalam LIFA adalah Waiver Program sehingga lulusan CFA, CPA, MBA, PhD di bidang Finance dan sejenisnya dapat langsung menempuh ujian LIFA Level III tanpa menempuh ujian Level I dan II.
CFA lebih bagus dan lebih bergengsi dibandingkan LIFA. Selain itu persentase kelulusan Ujian CFA lebih rendah dibandingkan dengan Ujian LIFA. Kalau CFA rata-rata 50% sedangkan LIFA rata-rata 95%.

maria stefany said...

siang pak.saya pernah membaca jurnal bapak yg berjudul perancangan dan pengukuran kinerja dengan emnggunakan metode performance prism,,
pada saat ini saya juga sedang mengerjakan revisi tugas akhir saya dengan topik yg sama.
namun saya memiliki kendala pada masalah metodologi,apa dapat dijelaskan pak?
terimakasih.saya sgt butuh pak,sedang mengejar deadline.

welin said...

Kirim ke alamat emailku pertanyaanmu nanti ku jawab lewat email.

Thanks.
Welin Kusuma
welinkusuma@yahoo.com

welin said...

Intinya metodologi penelitiannya terdiri dari tahapan berikut ini.
Tahap Metode Penelitian ini terdiri dari enam tahap, yaitu:
1. Tahap Penelitian Awal
2. Tahap Identifikasi Data
3. Tahap Perancangan Metode dan Alat Pengukur Kinerja
4. Tahap Pengukuran Kinerja
5. Tahap Evaluasi/Analisis
6. Tahap Kesimpulan

Emilia said...

saya ingin mendaftar utk ujian CFA level 1, kemana ya saya harus mendaftar ? Syaratnya dan biaya ?Thanks.

Melly said...

wow ini beneran ada 6 bachelor degree ?? Keren abis kalo beneran .... Di upload dong bro ijasah2 nya, gw penasaran nih. Thx

welin said...

@Emilia
Syarat dan biaya pendaftaran Ujian LIFA dapat dilihat di website ini:
http://www.the-ira.org/fee_schedule.php

@Melly
Ok, nanti kalo sempat ya, aku buat blognya. ada email? kalau sudah jadi kukabari lewat email.

Melly said...

ok, kabarin lewat emailku di melyz0584@gmail.com ya, upload satu2 ya, asli penasaran nih gw, bisa masuk MURI tuh :D