Latar Belakang
Merek adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pasar dunia saat ini. American Marketing Associations (AMA) memberikan definisi merek sebagai nama, istilah, tanda, gambar atau simbol, atau kombinasinya yang ditujukan agar dapat mengenali barang atau jasa dari satu atau sekelompok penjual dan membedakannya dari produk dan jasa para pesaing. Merek sebagai kombinasi dari atribut-atribut, dikomunikasikan melalui nama atau simbol yang dapat mempengaruhi proses pemilihan suatu produk atau layanan di benak konsumen.Bagaimanapun sebenarnya peranan merek adalah lebih dari ini. Merek sebenarnya adalah janji yang diberikan perusahaan kepada konsumen tentang apa yang dapat diberikan oleh produk tersebut. Itulah yang membuat peranan merek demikian penting bagi sebuah perusahaan atau bisnis dalam peranannya untuk dapat memuaskan konsumen. Merek (brand) telah menjadi elemen krusial yang berkontribusi terhadap kesuksesan sebuah organisasi pemasaran, baik perusahaan bisnis maupun nirlaba, pemanufaktur maupun penyedia jasa, dan organisasi lokal maupun global. Riset merek selama ini masih didominasi sektor consumer markets, terutama dalam kaitannya dengan produk fisik berupa barang. Kendati demikian, literatur merek telah mulai berkembang pula untuk sektor pemasaran jasa, pemasaran bisnis dan pemasaran online. Bidang kajiannya pun sangat beragam, mulai dari sejarah manajemen merek, brand origin, brand pioneership dan brand name strategy hingga brand equity, brand extension, brand loyalty dan global branding. Ditinjau dari perspektif pemasaran, brand equity dirumuskan sebagai ”the added value with which a brand endow a product”.
Pada saat dunia cenderung melihat kekayaan perusahaan hanya berasal dari tangible asset yang dimilikinya, maka dimulailah kebingungan akan adanya perbedaan nilai aset dengan harga saham perusahaan, juga munculnya harga premium yang meningkat tajam diantara produk sejenis. Akan tetapi berakhirlah sudah masa tersebut dengan terjawabnya brand sebagai penyebabnya.
Kekuatan ekonomis brand yang sangat kuat dapat mempengaruhi pilihan konsumen, kualitas dan loyalitas karyawan, pertimbangan investor hingga kepercayaan pemerintah. Setelah mengetahui kekuatan baru tersebut, sungguh akan lebih baik apabila perusahaan dapat lebih memahami, mengolah dan memanfaatkan keberadaan dan kekuatan sebuah merek.
Sehubungan dengan fenomena ini, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen PETRA (Surabaya) bersama dengan praktisi yang didukung oleh LANDOR Associates, danielmichael (dm) associates, Indonesian Indentity Brand Summit (IBS) menyelenggarakan program sertifikasi bagi mahasiswa dan praktisi untuk menjadi seorang professional di bidang branding dengan kelas sertifikasi Certified Professional in Brand Development (CPBD).
Kelebihan
- Menjadi ahli yang tersertifikasi di bidang branding :
– Mengetahui arti merek (brand) secara benar dan menyeluruh
– Membangun strategi merek (brand strategy)
– Mengembangkan dan mengelola ekuitas merek (brand equity)
– Mengukur nilai merek (brand value) - Menambah nilai (added value) seorang pemasar di industri-nya.
- Pengukuhan atas keahlian brand knowledge pertama di Asia oleh universitas dan lembaga pendidikan ternama.
- Gelar sertifikasi yang diterima dan diakui oleh industri. Gelar ini juga telah didaftarkan pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Pengajar dan Praktisi
Daniel Surya, CPBM – Chief Representative LANDOR Associates
Peter R. Y. Pasla, SE, MBus, CPBM – Dosen Program Pemasaran UK. PETRA
Michael Budi – CEO danielmichael (dm) Associates
David Hartanto, CPBM – Project Director IBS (Indonesian Brand Identity Summit)
Diah Dharmayanti, SE, MSi – Kepala Program Pemasaran UK. PETRA
Cynthia Y. W, SE, MBA – Kepala Lab Pemasaran UK. PETRA
Philip Cahyono – Managing Director danielmichael (dm) Associates
Dukungan
Eva Riyanti Hutapea, CPBM- President Director, PT. UKM (Usaha Kita Makmur) Indonesia
Hasan Aula, CPBM- General Manager, NOKIA
Stanley Atmadja, CPBM- Chief Executive Officer, PT. ADIRA Dinamika Multi Finance
Doddy Virgianto, CPBM- President Director, BNI Multi Finance
Ongky Tedjasurya, CPBM- Managing Director, MAYORA
Salim Kartono, CPBM- President Director, DRTV
Christ Iwan Arsianto, CPBM- Marketing Director, POLYTRON
Lokasi Pelatihan
Somerset Hotel
Jl. Raya Kupang Indah
Surabaya 60189
Jadwal Kegiatan
Program Sertifikasi: Sabtu Pukul 08.00 – 17.00 WIB
Program Tutorial: Jumat Pukul 10.30 – 13.00 WIB
10 kali pertemuan program sertifikasi dilengkapi dengan 10 pertemuan program tutorial.
Biaya Program
Eksternal: Rp 6.000.000,-*
Mahasiswa Manajemen Pemasaran UK Petra: Rp 3.500.000,-
* Klien dari LANDOR Associates, danielmichael (dm) associates – diskon 10 %
* Alumni Universitas Kristen Petra – diskon 10%
*Anggota BRANDINGZONE & IBS (Indonesia Brand Identity Summit) – diskon 5 %
Tempat Pendaftaran
Program Manajemen Pemasaran
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra
Jl. Siwalankerto No. 121-131
Surabaya 60236
Indonesia
Telp: (031) 8439040, 8494830-31, Fax: (031) 8436418
Gelar
Certified Professional in Brand Development (CPBD)
No comments:
Post a Comment