Latar Belakang
Perubahan kondisi perekonomian Indonesia akhir-akhir ini telah memicu ketidakpastiaan yang semakin tinggi pada dunia bisnis. Di saat seperti ini manajemen dituntut untuk bekerja lebih cerdik dalam mengalokasikan sumber daya perusahaan yang semakin terbatas. Agar perusahaan bisa bertahan dan memanfaatkan peluang untuk berkembang di era turbulensi bisnis, pihak manajemen dituntut untuk bekerja lebih cerdik. Pihak manajemen dituntut untuk mampu mengelola perusahaan secara lebih efisien sekaligus meningkatkan kualitas produk. Di sinilah para analis biaya memainkan peran yang sangat penting dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan solusi bagaimana pendekatan yang tepat dalam melakukan efisiensi biaya sekaligus meningkatkan kualitas proses dan produk di era kompetitif ini.
Profesi Analis Biaya (Cost Analyst)
Profesi analis biaya adalah profesi yang dijalankan oleh profesional yang memiliki kompetensi tinggi dalam manajemen biaya yang bertugas mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan solusi mengenai cara pendekatan yang tepat dalam melakukan efisiensi biaya sehingga dapat meningkatkan kualitas proses dan produk. Analis biaya bertugas mentransformasi data menjadi informasi yang digunakan untuk mendukung strategi, memperbaiki produk, meningkatkan kualitas layanan, menggunakan sumber daya, dan secara sistematis mengurangi biaya. Analis biaya berperan menjadi sumber informasi yang paling terpercaya dalam proses pengambilan keputusan, khususnya di era kompetisi yang semakin tajam. Analis biaya harus mengelola rantai nilai organisasi yang mempengaruhi biaya, kualitas, dan nilai pelanggan.
Karakteristik Analis Biaya
- Kompeten secara teknis
- Dapat bekerja sama dengan baik dengan karyawan lain sehingga dapat mengambil keputusan yang lebih baik
- Memiliki sifat terbuka, kepedulian yang tinggi, jujur, teliti, dan kreatif
- Menguasai masalah akuntansi, keuangan, dan operasional
- Mampu berpartisipasi aktif sebagai anggota tim manajemen untuk mencari cara terbaik dalam menggunakan sumber daya organisasi
- Memiliki standar etika yang tinggi
Karakterisitik Manajemen Biaya
Manajemen biaya penting bagi organisasi karena manajemen biaya bukan sekedar hanya mengukur dan melaporkan biaya yang telah terjadi di masa lalu. Manajemen biaya berpusat pada pengaruh di masa depan dari keputusan yang diambil saat ini. Manajemen biaya merupakan:
- Filosofi untuk mencari cara bagaimana meningkatkan nilai pelanggan dengan efisiensi biaya.
- Sikap bahwa semua biaya disebabkan karena keputusan manajemen
- Seperangkat teknik yang terpercaya untuk meningkatkan nilai pelanggan dengan efisiensi biaya
Penyelenggara Program
Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Jawa Timur
Materi Program Pelatihan
1. Analisis Perilaku Biaya Aktivitas
2. Value Chain Analysis dan Analisa Biaya
3. Pemahaman Perilaku Biaya dan Pemicu Biaya
4. Estimasi Biaya
5. Model Sistem Perhitungan dan Cost Reduction Program
6. Activity Based Costing System (ABC)
7. Activity Based Management System (ABM)
Keunggulan Program
1. Instruktur yang berpengalaman dan kompeten
2. Materi mencakup sistem manajemen biaya kontemporer
3. Konsultasi dan diskusi mengenai permasalahan biaya di perusahaan peserta
Fasilitas Program
1. Ruang dan fasilitas belajar yang memadai
2. Makan siang
Peserta
1. Para praktisi (staf perusahaan, pegawai pemerintah, akuntan, auditor)
2. Para pengusaha atau investor
3. Para akademisi (mahasiswa, dosen)
Waktu Pelatihan
Setiap Hari Minggu Pukul 10.00 – 16.00 WIB selama 5 minggu
Tempat Pelatihan
Universitas Airlangga
Gedung ABC Lantai 7
Jl. Airlangga No. 4
Surabaya
Biaya Program
Non Anggota IAI Rp 1.750.000,-
Anggota IAI / Mahasiswa Rp 1.500.000,-
3 comments:
pak nilai apakah sudah termasuk biaya ujian?
Ya, biaya training tersebut sudah termasuk biaya ujian.
Dear Pak Welin
salut buat anda dng pendidikan yg anda ikuti....berkantor dmn y pak?
Post a Comment