A. MATA UJIAN CPM:
1. Marketing Research
2. Marketing Communications
3. Marketing Strategy
4. Asia Pacific Business
5. Asia Pacific Marketing Management
B. JADWAL PENDAFTARAN DAN UJIAN:
- Pendaftaran dibuka mulai tgl 1 September 2006 sampai dengan 15 Oktober 2006, melalui IMA-Chapter di masing-masing daerah.
- Pendaftaran masuk ke IMA-Pusat paling lambat tgl. 22 Oktober 2006
- Pendaftaran masuk ke APMF (asia Pacific Marketing Federation) paling lambat pada tgl 15 Desember 2006.
- Ujian CPM oleh APMF akan diselenggarakan pada bulan Maret 2007 di Surabaya dan Jakarta.
C. PENDAFTARAN UJIAN:
- Calon peserta adalah para anggota IMA baik di tingkat pusat maupun di daerah di Indonesia. Bagi yang belum anggota IMA bisa langsung mendaftarkan diri untuk menjadi anggota.
- Ujian CPM dapat ditempuh melalui 2 (dua) jalur, yaitu: jalur akademik dan jalur non akademik.
- Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh IMA-Pusat/APMF dan disertai dengan kelengkapan/lampiran sebagai berikut:
- Jalur Akademik (degree students):
* 2 (dua) lembar copy ijasah S-1/S-2/S-3 yang disahkan dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang minimal terakreditasi B di Indonesia
* 2 (dua) lembar copy surat pengalaman kerja yang terkait dengan bidang pemasaran sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun.
* Bagi yang kurang dari 5 (lima) tahun, tetap dapat mengikuti ujian CPM tetapi status sebagai CPM hanya bisa diberikan setelah yang bersangkutan memenuhi persyaratan kerja 5 (lima) tahun. - Jalur Non Akademik (non-degree student):
* 2 (dua) lembar copy surat pengalaman kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun di bidang pemasaran. - Menyerahkan Foto copy KTP = 1 lbr.
- Menyerahkan Pasfoto 3 x 4 cm = 2 lbr.
- Membayar uang pendaftaran dan biaya program persiapan.
D. PROGRAM PERSIAPAN DAN UJIAN:
- Program persiapan diselenggarakan di Surabaya dan Jakarta.
- Program persiapan oleh IMA Pusat adalah untuk 3 mata ujian: Marketing Research, Marketing Communication, dan Marketing Strategy yang akan dilakukan sekaligus.
- Program persiapan oleh APMF adalah untuk 2 mata ujian: Asia Pacific Business dan Asia Pacific Marketing Management.
- Calon peserta diwajibkan untuk mengikuti Program Persiapan (preparation course) yang diselenggarakan oleh IMA Pusat dan APMF. Kecuali calon peserta yang telah memiliki ijasah S-2 / S-3 dengan bidang studi Manajemen Pemasaran dimungkinkan untuk tidak mengikuti program persiapan dan ujian (exempted) untuk 3 (tiga) mata ujian CPM yaitu: Marketing Research, Marketing Communication, dan Marketing Strategy yang akan dinilai dan disetujui terlebih dahulu oleh pihak IMA Pusat dan APMF.
- Bagi calon peserta yang telah disetujui/dinilai dapat tidak mengikuti Program Persiapan (exempted0 oleh IMA Pusat dibebaskan dari kewajiban untuk membayar biaya program persiapan tersebut.
- Bagi para peserta program persiapan oleh IMA Pusat diharuskan untuk lulus ujian program persiapan terlebih dahulu sebelum dapat menempuh program persiapan dan ujian CPM oleh pihak APMF.
- Total keseluruhan waktu program persiapan oleh IMA Pusat = 3 mata ujian @ 18 jam atau setara = 54 jam perkuliahan. Total keseluruhan waktu program APMF = 2 mata ujian @ 18 jam atau setara = 36 jam perkuliahan.
- Program persiapan oleh IMA Pusat bulan Nopember – Desember 2006 (Masing-masing mata ujian 3 sesi).
- Program persiapan oleh IMA Pusat bulan Nopember – Desember 2006 (Masing-masing mata ujian 3 sesi).
- Program persiapan oleh APMF dijadwalkan pada bulan Januari – Pebruari 2007, diselenggarakan setiap hari Sabtu / Minggu pk. 9.00 – 16.00 (masing-masing mata ujian tiga sesi).
E. BIAYA-BIAYA DAN PEMBAYARAN:
- Biaya Administrasi Pendaftaran Ujian Rp 200.000,-
- Biaya Pendaftaran sebagai anggota IMA uang pangkal dan iuran setahun Rp 500.000,- (bagi yang belum anggota IMA)
- Biaya Program Persiapan oleh IMA Pusat (3 Mata Ujian) Rp 2.500.000,-
- Biaya Program Persiapan oleh APMF (instruktur dari Singapura, 2 Mata Ujian)
- Biaya Ujian Akhir CPM ke pihak APMF sebesar = (US$ 75,- + 5 x US$ 20,-) = USD 175,= (atau Rp 1.592.500,- dengan kurs $1 = Rp 9.100,-)
- Biaya application status bagi yang lulus ujian dan memenuhi syarat masa pengalaman kerja terkait dengan marketing sebesar USD 35,-
- Pembayaran dapat diangsur 2 (dua) kali. Pertama, 50% saat awal pendaftaran (September 2006), dan 50% sisanya dilunasi saat akhir pendaftaran (15 Oktober 2006).
F. LAIN-LAIN:
- Program persiapan baik oleh IMA-Pusat maupun APMF hanya dapat diselenggarakan, bilamana jumlah calon peserta adalah minimal = 15 orang, baik di Surabaya maupun di Jakarta. Program persiapan diberikan dalam bentuk perkuliahan/diskusi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
- Khusus jawaban ujian Asia Pacific Business dan Asia Pacific Marketing Management adalah tertulis (essay) dalam bahasa Inggris. (Catatan: Sedang diupayakan dapat dijawab dalam bahasa Indonesia).
- Peserta yang dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar CPM diharuskan untuk mempertahakan gelar profesionalitas tersebut dengan kewajiban-kewajiban program sesuai dengan ketentuan yang mengikuti gelar tersebut secara periodik sebagai seorang professional.
G. INFORMASI DAN PENDAFTARAN:
Sdri. Dottie, Dina
Gedung ABC, Lantai 7, Ruang 704 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga
Jalan Airlangga 4 Surabaya; Telp (031) 5048482 dan (031) 5049486; Fax (031) 5049486
H. GELAR PROFESI
Certified Professional Marketer Asia Pasific, CPM (Asia Pasific)
No comments:
Post a Comment