Sunday, February 11, 2007

Profesi CPM

A. MATA UJIAN CPM:
1. Marketing Research
2. Marketing Communications
3. Marketing Strategy
4. Asia Pacific Business
5. Asia Pacific Marketing Management

B. JADWAL PENDAFTARAN DAN UJIAN:

  1. Pendaftaran dibuka mulai tgl 1 September 2006 sampai dengan 15 Oktober 2006, melalui IMA-Chapter di masing-masing daerah.
  2. Pendaftaran masuk ke IMA-Pusat paling lambat tgl. 22 Oktober 2006
  3. Pendaftaran masuk ke APMF (asia Pacific Marketing Federation) paling lambat pada tgl 15 Desember 2006.
  4. Ujian CPM oleh APMF akan diselenggarakan pada bulan Maret 2007 di Surabaya dan Jakarta.

C. PENDAFTARAN UJIAN:

  1. Calon peserta adalah para anggota IMA baik di tingkat pusat maupun di daerah di Indonesia. Bagi yang belum anggota IMA bisa langsung mendaftarkan diri untuk menjadi anggota.
  2. Ujian CPM dapat ditempuh melalui 2 (dua) jalur, yaitu: jalur akademik dan jalur non akademik.
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh IMA-Pusat/APMF dan disertai dengan kelengkapan/lampiran sebagai berikut:
  • Jalur Akademik (degree students):
    * 2 (dua) lembar copy ijasah S-1/S-2/S-3 yang disahkan dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang minimal terakreditasi B di Indonesia
    * 2 (dua) lembar copy surat pengalaman kerja yang terkait dengan bidang pemasaran sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun.
    * Bagi yang kurang dari 5 (lima) tahun, tetap dapat mengikuti ujian CPM tetapi status sebagai CPM hanya bisa diberikan setelah yang bersangkutan memenuhi persyaratan kerja 5 (lima) tahun.
  • Jalur Non Akademik (non-degree student):
    * 2 (dua) lembar copy surat pengalaman kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun di bidang pemasaran.
  • Menyerahkan Foto copy KTP = 1 lbr.
  • Menyerahkan Pasfoto 3 x 4 cm = 2 lbr.
  • Membayar uang pendaftaran dan biaya program persiapan.

D. PROGRAM PERSIAPAN DAN UJIAN:

  1. Program persiapan diselenggarakan di Surabaya dan Jakarta.
  2. Program persiapan oleh IMA Pusat adalah untuk 3 mata ujian: Marketing Research, Marketing Communication, dan Marketing Strategy yang akan dilakukan sekaligus.
  3. Program persiapan oleh APMF adalah untuk 2 mata ujian: Asia Pacific Business dan Asia Pacific Marketing Management.
  4. Calon peserta diwajibkan untuk mengikuti Program Persiapan (preparation course) yang diselenggarakan oleh IMA Pusat dan APMF. Kecuali calon peserta yang telah memiliki ijasah S-2 / S-3 dengan bidang studi Manajemen Pemasaran dimungkinkan untuk tidak mengikuti program persiapan dan ujian (exempted) untuk 3 (tiga) mata ujian CPM yaitu: Marketing Research, Marketing Communication, dan Marketing Strategy yang akan dinilai dan disetujui terlebih dahulu oleh pihak IMA Pusat dan APMF.
  5. Bagi calon peserta yang telah disetujui/dinilai dapat tidak mengikuti Program Persiapan (exempted0 oleh IMA Pusat dibebaskan dari kewajiban untuk membayar biaya program persiapan tersebut.
  6. Bagi para peserta program persiapan oleh IMA Pusat diharuskan untuk lulus ujian program persiapan terlebih dahulu sebelum dapat menempuh program persiapan dan ujian CPM oleh pihak APMF.
  7. Total keseluruhan waktu program persiapan oleh IMA Pusat = 3 mata ujian @ 18 jam atau setara = 54 jam perkuliahan. Total keseluruhan waktu program APMF = 2 mata ujian @ 18 jam atau setara = 36 jam perkuliahan.
  8. Program persiapan oleh IMA Pusat bulan Nopember – Desember 2006 (Masing-masing mata ujian 3 sesi).
  9. Program persiapan oleh IMA Pusat bulan Nopember – Desember 2006 (Masing-masing mata ujian 3 sesi).
  10. Program persiapan oleh APMF dijadwalkan pada bulan Januari – Pebruari 2007, diselenggarakan setiap hari Sabtu / Minggu pk. 9.00 – 16.00 (masing-masing mata ujian tiga sesi).

E. BIAYA-BIAYA DAN PEMBAYARAN:

  1. Biaya Administrasi Pendaftaran Ujian Rp 200.000,-
  2. Biaya Pendaftaran sebagai anggota IMA uang pangkal dan iuran setahun Rp 500.000,- (bagi yang belum anggota IMA)
  3. Biaya Program Persiapan oleh IMA Pusat (3 Mata Ujian) Rp 2.500.000,-
  4. Biaya Program Persiapan oleh APMF (instruktur dari Singapura, 2 Mata Ujian)
  5. Biaya Ujian Akhir CPM ke pihak APMF sebesar = (US$ 75,- + 5 x US$ 20,-) = USD 175,= (atau Rp 1.592.500,- dengan kurs $1 = Rp 9.100,-)
  6. Biaya application status bagi yang lulus ujian dan memenuhi syarat masa pengalaman kerja terkait dengan marketing sebesar USD 35,-
  7. Pembayaran dapat diangsur 2 (dua) kali. Pertama, 50% saat awal pendaftaran (September 2006), dan 50% sisanya dilunasi saat akhir pendaftaran (15 Oktober 2006).

F. LAIN-LAIN:

  1. Program persiapan baik oleh IMA-Pusat maupun APMF hanya dapat diselenggarakan, bilamana jumlah calon peserta adalah minimal = 15 orang, baik di Surabaya maupun di Jakarta. Program persiapan diberikan dalam bentuk perkuliahan/diskusi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  2. Khusus jawaban ujian Asia Pacific Business dan Asia Pacific Marketing Management adalah tertulis (essay) dalam bahasa Inggris. (Catatan: Sedang diupayakan dapat dijawab dalam bahasa Indonesia).
  3. Peserta yang dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar CPM diharuskan untuk mempertahakan gelar profesionalitas tersebut dengan kewajiban-kewajiban program sesuai dengan ketentuan yang mengikuti gelar tersebut secara periodik sebagai seorang professional.

G. INFORMASI DAN PENDAFTARAN:
Sdri. Dottie, Dina
Gedung ABC, Lantai 7, Ruang 704 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga
Jalan Airlangga 4 Surabaya; Telp (031) 5048482 dan (031) 5049486; Fax (031) 5049486

H. GELAR PROFESI
Certified Professional Marketer Asia Pasific, CPM (Asia Pasific)

No comments: